SELAMAT DATANG DI BLOG GURU TIK SMP NEGERI 5 DEMAK

Ms. EXCEL

Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah

Belajar Komputer - Microsoft Excel...mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, mungkin juga bagi sebagian orang ada yang bertanya-tanya, apa itu Microsoft Excel. Baik Saya sedikit bahas dulu tentang Pengertian Microsoft Excel. Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi Microsoft Excel sangat membantu sekali dalam urusan hitung-menghitung apalagi Anda yang bekerja di bagian Statistik dan Akuntansi, maka aplikasi ini wajib Anda pelajari untuk membantu pekerjaan Anda. Tujuan utama artikel ini dibuat adalah untuk membantu rekan-rekan agar dalam proses Belajar Microsoft Excel bisa lebih Cepat dan Mudah, tidak seperti yang dikatakan segelintir orang bahwa Belajar Microsoft Excel itu Susah, rumusnya terlalu banyak, bingung cara mengoperasikannya dan masih banyak lagi alasan-alasan lain, maka dibuatlah tutorial mengenai Cara Belajar Microsoft Excel 2007 Cepat dan Mudah. Jika Anda termasuk seorang pemula, mungkin sebaiknya Anda Belajar Cara Mengoperasikan Komputer yang Baik dan Benar terlebih dahulu agar proses belajar Anda bisa benar-benar lebih mudah dan cepat mengerti semua tentang komputer.

Hal pertama yang harus dilakukan agar proses Belajar Microsoft Excel bisa Lebih Cepat dan Mudah adalah dengan mengenali bagian-bagian dari Aplikasi Microsoft Excel itu sendiri, jika Anda sudah terbiasa dengan bagian dan menu-menu pada Microsoft Excel, Maka ini akan sangat membantu sekali dalam proses belajar Anda. Agar Anda bisa jauh lebih kenal dengan bagian-bagian pada Microsoft Excel, mari Kita bahas satu persatu.

Langkah-langkah Memulai Microsoft Excel 2007

Cara Pertama
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu
  2. Klik tombol Start pada Taskbar Komputer
  3. Pilih menu All Program, Pilih Microsoft Office
  4. Kemudian klik Microsoft Excel 2007
Cara Kedua
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu
  2. Double Klik icon Microsoft Excel 2007 yang ada pada Desktop Komputer Anda.
Cara Ketiga
  1. Nyalakan Komputer terlebih dahulu
  2. Tekan kombinasi tombol Windows (bendera di pojok kiri bawah) dan tombol R secara bersamaan (Wndows+R), maka akan muncul kotak dialog kecil di pojok kiri bawah.
  3. Ketikkan Excel kemudian tekan tombol Enter.
Anda bebas memilih cara memulai Microsoft Excel diatas sesuai dengan selera Anda, yang terpenting adalah tindakan selanjutnya setelah Anda membuka Microsoft Excel apa yang akan Anda lakukan, apakah Anda akan benar-benar mempelajari Rumus Microsoft Excel atau hanya sekedar tau kemudian Anda tutup kembali Aplikasi Microsoft Excel 2007 Anda, semua kembali kepada Anda. Baik Kita lanjutkan lagi pada Materi Pertama Belajar Microsoft Excel 2007. OK setelah Anda membuka Aplikasi Microsoft Excel 2007, maka Anda akan menemui tampilan seperti pada gambar dibawah ini.
Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
Jika Anda sudah berhasil menampilkan Lembar Kerja Excel 2007 seperti pada gambar diatas, maka Anda sudah bisa untuk membuka Aplikasi Microsoft Excel 2007. 

Memulai Microsoft Excel 

    Seperti sudah dibahas pada update sebelumnya mengenai Cara Memulai Microsoft Excel, Ada beberapa cara untuk memulai Microsoft Excel, berikut adalah salah satu cara yang paling sering digunakan.
    • Klik Start, pilih Program.
    • Cari menu item Microsoft Office 2007, kemudian klik Microsoft Excel.
    • Tunggu beberapa saat hingga muncul halaman kerja Microsoft Excel 2007.

Lingkungan Kerja Microsoft Excel

    Untuk bekerja secara optimal dalam Microsoft Excel, anda harus mengenal lebih terdahulu lingkungan kerjanya sehingga hasil yang diharapkan memuaskan. Apabila anda telah berhasil menjalankan Microsoft Excel seperti langkah-langkah diatas, maka Anda akan melihat tampilan seperti berikut.
    Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
    Lembar Kerja Microsoft Excel 2007
    Bagian
    Penjelasan
    Judul Window
    Judul window (window title) terletak pada baris paling atas, yang menampilkan tulisan Microsoft Excel dan nama Workbook yang sedang aktif.
    Office Button
    Fitur yang baru didapat di Office 2007 yang berfungsi menggantikan menu File dan berlokasi di pojok kiri atas. Didalamnya berisi perintah-perintah standar seperti Open, Save, Print. Selain itu juga berisi perintah baru seperti Finish, Publish. Incpect Document.
    Tab Sistem Menu
    Sistem menu (menu system) merupakan sarana yang disediakan oleh Microsoft Excel untuk melakukan komunikasi antara pemakai dengannya.
    Ribbon
    berisi perintah-perintah khusus yang merupakan submenu dari Tab Sistem Menu.
    Penggulung Sheet
    Untuk melihat worksheet yang tidak tampak di layar anda dapat memanfaatkan penggulung sheet. Ada 2 macam penggulung sheet, yaitu penggulung vertikal (vertical scroll bar) untuk melihat sheet yang panjang ke bawah, dan penggulung horisontal (horizontal scroll bar) untuk menampilkan data yang melebar ke samping.
    Baris Formula
    Baris formula (Formula bar) menyajikan 3 informasi, yaitu :
    · Pada kotak paling kiri (name box) menampilkan informasi tentang alamat atau nama dari sel atau range
    · Tanda sama dengan (=) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki formula (rumus)
    · Informasi paling kanan menampilkan isi dari suatu sel yang sedang
    Judul Kolom
    Judul kolom (column heading) merupakan nama kolom yang dimulai dari huruf A, B, C sampai Z kemudian sampai IV dengan total jumlah kolom sebanyak 256 (28) kolom.
    Nomor Baris
    Nomor baris (row number) dimulai dari nomor 1 sampai 65536 (216) Baris.
    Baris Status
    Baris status (status bar), menampilkan informasi yang berhubungan dengan kegiatan yang sedang dilakukan oleh Microsoft Excel dan status keyboard.
    Tab Sheet
    Standarnya (default), Microsoft Excel menyediakan 3 sheet. Sheet sering disebut dengan worksheet (lembar kerja), sedangkan kumpulan dari beberapa worksheet dinamakan workbook (buku kerja).
    Penunjuk Sel
    Penunjuk sel (sel pointer) digunakan untuk memberitahu Microsoft Excel dimana suatu aktivitas akan dilakukan, seperti memasukkan data, memformat sel, melakukan perhitungan dan sebagainya.

Tipe-tipe Data

    Secara umum, Microsoft Office Excel membagi tipe data menjadi 3, yaitu label, numerik dan formula.
    Label      :
    Atau string sering juga disebut sebagai alfanumerik. Data tersebut hanya menerangkan data numerik dan formula. Semua huruf dan simbul dimasukkan ke dalam data bertipe label, demikian juga halnya dengan angka yang tidak akan dihitung seperti nomor telepon.
    Numerik :
    Data yang hanya terdiri dari angka-angka dalam berbagai bentuk dan format. Data tipe ini dapat dihitung, misalnya harga barang, nilai mahasiswa dan sebagainya.
    Formula :
    Merupakan perintah untuk melakukan suatu perhitungan. Formula kurang lebih sama dengan rumus. Misalnya untuk menghitung omzet penjualan barang dan sebagainya.

    Contoh Tipe Data Microsoft Excel
    Contoh Tipe Data Microsoft Excel
    Untuk mempermudah penjelasannya, silahkan perhatikan gambar diatas, tulisan Panjang, Lebar dan Total yang berada pada sel A3, dan A4 merupakan data bertipe label. Sementara angka 6 (nilai panjang) dan 5 (nilai lebar) adalah data bertipe numerik. Angka 30 (nilai total) merupakan hasil perkalian dari panjang dan lebar (nilai B3 kali nilai B4).  Data terakhir ini beritipe formula. Nah sekarang sudah tau bedanya kan, mana tipe data yang menggunakan Label, Numerik dan Formula.

Workbook (Buku Kerja) 

    Pada saat memulai Microsoft Excel, secara standar (default) Microsoft Excel memunculkan sebuah buku kerja (workbook) baru bernama Book1, agar Kita dapat melakukan berbagai aktivitas pada lembar kerja (worksheet). Walaupun demikian, bila diperlukan Kita dapat melakukan beberapa hal berkaitan dengan buku kerja tersebut antara lain :

    • Membuat Buku Kerja (Workbook)

      Untuk membuat workbook, caranya sangat mudah sekali, tinggal Klik Office Button pilih New, nanti akan muncul tampilan baru pada area Blank And Recent pilih Blank Workbook baru klik di area Create di pojok kanan bawah, maka Anda sudah berhasil membuat lembar kerja baru, sedangkan jika Anda ingin lebih cepat lagi tinggal tekan kombinasi tombol CTRL+N maka workbook baru akan langsung terbuka.

    • Menyimpan Buku Kerja

      Worksheet yang telah dibuat perlu disimpan untuk dapat digunakan di kemudian hari. Untuk menyimpan Workbook, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :
      1. Klik Office Button, kemudian pilih Save. Kotak dialog save as akan muncul seperti gambar di bawah ini.
      2. Kotak Dialog Save As Microsoft Excel
        Kotak Dialog Save As Microsoft Excel
      3. Tentukan tempat penyimpanan data anda pada Combo Box Save In bagian atas.
      4. Beri nama file pada kotak isian File Name.
      5. Klik tombol Save, untuk mengakhiri penyimpanan
Note: Save as type menyatakan format file. Ini berarti anda dapat menyimpan data anda dengan format selain Microsoft Excel. Hal ini penting bila anda ingin mengolah data di Microsoft Excel, tetapi memperbaiki atau mencetaknya di program spreadsheet yang lain (misalnya Versi Excel 1997 - 2000, Lotus, Quatro Pro dll).

    • Menutup Buku Kerja

      Untuk menutup workbook anda dapat menggunakan Office Button kemudian dilanjutkan dengan memilih Close. Seringkali muncul pesan sebagai berikut :
Kotak Dialog Penyimpanan MS Excel
Kotak Dialog Penyimpanan MS Excel

Pertanyaan tersebut berarti ada sebagian atau seluruh data yang anda buat belum disimpan. Ada tiga pilihan, yaitu Yes berarti anda menyimpan perbaikan atau perubahan Worksheet yang anda buat, No menyatakan tidak menyimpan, dan Cancel berarti anda tidak jadi menutup Workbook tersebut.

    • Membuka Kembali Buku Kerja

      Workbook yang telah disimpan dapat ditampilkan kembali untuk diedit atau dicetak kapan saja. Membuka workbook dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : 
      1. Klik Office Button kemudian diteruskan dengan memilih Open. Maaka Kotak dialog membuka Workbook akan muncul seperti pada gambar dibawah ini.
      2. Kotak Dialog Membuka Workbook
        Kotak Dialog Membuka Workbook






      3. Pilih nama file yang akan dibuka, kemudian klik Open.
Note: Jika file tidak ada, cari lokasi penyimpanannya pada kotak Look in: kemudian klik Directories atau Drives, di mana file yang akan dibuka berada.

Cara Keluar dari lembar kerja Microsoft Excel 2007

Bila Anda sudah selesai membuat atau memperbaiki workbook dan ingin keluar dari Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan Office Button kemudian pilih Close atau dengan mengklik tanda silang yang ada pada ujung kanan atas layar. Bila muncul pesan bahwa workbook tersebut belum disimpan, gunakan prosedur yang yang sudah dijelaskan diatas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar